Budaya Kerja Positif: Mengapa Ikigai Penting dalam Dunia Kerja?

4 Juli 2025 17:22 WIB
Ilustrasi budaya kerja positif.
Ilustrasi budaya kerja positif. ( freepik.com )

Radiosmartfm.com - Budaya kerja perusahaan merupakan aspek penting dalam perkembangan organisasi. Budaya kerja yang positif akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. 

Flavia Sungkit, selaku Ikigai Consultant, meyakini bahwa menerapkan nila-nilai Ikigai dalam dunia kerja efektif untuk membangun pertumbuhan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Menurut Flavia, budaya kerja yang positif bukan hanya menolak kekerasan secara verbal dan fisik, tetapi juga tentang kesinambungan antara perusahaan dan karyawan.

“Semakin kesini, budaya yang sehat tidak hanya mengenai intimidasi dan diskriminasi, tetapi bagaimana ada kesinambungan antara perusahaan maunya apa dan karyawan maunya seperti apa,” jelas Flavia dalam wawancara bersama Smart FM dalam program Podcast Smart Career.

Baca Juga: 3 Tanda Mengabaikan Self Love Demi Karier yang Harus Anda Ketahui

Dalam menerapkan nilai Ikigai dalam budaya perusahaan, penting untuk membangun komunikasi yang baik, rasa saling pengertian, dan ruang untuk kolaborasi.

Budaya kerja berbasis Ikigai dapat dibangun sejak tahap awal perekrutan calon karyawan hingga perusahaan berkembang.

Berikut langkah-langka menerapkan budaya kerja berdasarkan prinsip Ikigai

1. Melakukan screening budaya (culture fit) saat rekrutmen

Proses wawancara antara tim Human Resources dan calon karyawan dapat dimanfaatkan untuk mengukur kesesuaian antara budaya perusahaan dengan cara kerja dan nilai-nilai diyakini oleh calon karyawan.

PenulisTesa Dabur
95.9 fm
97.8 fm