Rahasia Sukses Momolin Bakery: Sentuhan Personal ke Konsumen

3 Juli 2025 17:10 WIB
Ilustrasi kedekatan pedagang dengan konsumen.
Ilustrasi kedekatan pedagang dengan konsumen. ( freepik.com )

Radiosmartfm.com - Selain menyajikan produk yang lezat dan menarik, pelaku usaha dalam bidang Food and Beverages (F&B) harus memiliki strategi yang tepat untuk bersaing di tengah ketatnya persaingan pasar.

Pengusaha sekaligus pemilik Momolin Bakery, Diondy Kusuma, memiliki cara tersendiri untuk menawarkan produknya kepada konsumen.

Usaha perusahaan roti yang telah berdiri sejak tahun 2001 ini, mengawali perjalanannya dengan menawarkan roti dari rumah ke rumah. Meskipun saat ini teknologi telah berkembang pesat, di mana usaha bisa dijalankan secara online melalui marketplace atau toko daring. Diondy tetap berpegang teguh pada metode berkeliling ke rumah-rumah konsumen. 

Menurutnya, pendekatan tersebut mampu membangun kedekatan personal yang tidak dapat diberikan oleh sistem penjualan online. Strategi ini pun sejalan dengan target pasar Momolin Bakery, yaitu ibu rumah tangga dan keluarga yang mengapresiasi pendekatan hangat dan kekeluargaan. Inilah juga yang membuat Momolin Bakery tampil berbeda dari bisnis roti lainnya.

Baca Juga: 5 Tahapan Legalitas Bisnis F&B yang Wajib Diketahui Pelaku Usaha

Tentunya strategi ini tidak hanya berupa teori semata. Dalam praktiknya, Diondy harus memastikan bahwa seluruh mitra dagangnya mampu menerapkan pendekatan tersebut, agar terbangun kedekatan emosional sebagaimana yang ia harapkan.

Untuk itu, ia menjelaskan bahwa proses perekrutan mitra pedagang Momolin Bakery dilakukan melalui seleksi karakter dan keterampilan komunikasi. Hanya individu dengan karakter baik dan komunikasi lancar yang yang dapat diterima menjadi pedagang di perusahaanya.

Tidak berhenti disitu, Diondy juga memberikan pelatihan kepada setiap mitra pedagang,  mulai dari pemahaman proses produksi hingga keterampilan komunikasi dan pelayanan yang harus diterapkan saat berjualan.

Meskipun para pedagang hanya bertugas menjual roti, namun mengetahui proses produksi tetap dianggap penting. Melalui tahapan pelatihan tersebut, para pedagang diharapkan memahami proses pengolahan dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan roti Momolin. Dengan demikian,mereka dapat memberikan penjelasan yang baik apabila ditanya pelanggan.

Baca Juga: 3 Cara Berpenampilan Menarik untuk Menunjang Karier, Ahli: Jangan Sampai Saltum!

Kunci dari strategi ini pada dasarnya terletak pada bagaimana penawaran produk secara langsung dapat membangun komunikasi interaktif antara pedagang dan pelanggan, serta membantu perusahaan lebih memahami kebutuhan konsumen.

Akhir kata, Diondy menambahkan bahwa untuk mebangun kedekatan personal, pelaku bisnis juga harus menggunakan metode pendekatan antar manusia.

PenulisTesa Dabur
95.9 fm
97.8 fm