5 Tahapan Legalitas Bisnis F&B yang Wajib Diketahui Pelaku Usaha

2 Juli 2025 14:08 WIB
Ilustrasi perempuan yang sedang mengambil gambar minuman dan makanan yang dibeli
Ilustrasi perempuan yang sedang mengambil gambar minuman dan makanan yang dibeli ( freepik.com )

Radiosmartfm.com - Bisnis dalam bidang Food and Beverages (F&B) di Indonesia menunjukan tren yang dinamis dan kompetitif dalam beberapa tahun terakhir.

Selain karena semakin banyaknya pelaku usaha di industri F&B, media sosial juga turut mendorong pertumbuhan pesat UMKM kuliner. Hal ini terlihat dari muncul dan berkembangnya tren makanan dan minuman viral yang hingga kini masih digemari masyarakat.

Sementara itu, persaingan yang ketat mendorong pelaku usaha untuk tidak hanya menyajikan makanan dan minuman yang unik dan lezat. Branding yang kuat juga menjadi faktor penting dalam menarik minat masyarakat.

Pentingnya branding dalam Bisnis F&B

Menurut Diondy Kusuma selaku pemilik dari Momolin Bakery, dalam wawancaranya di Smart FM, mengatakan bahwa sebelum memulai sebuah bisnis, ada baiknya membentuk branding dengan matang. Berikut 3 alasan mengapa branding sangat penting:

Baca Juga: 5 Posisi Bergengsi yang Bisa Diraih Kalau Jadi Lulusan Bisnis Digital

1.Membedakan produk dari kompetitor

Banyak produk serupa di pasaran, namun hanya brand dengan karakter dan cerita kuat yang akan diingat konsumen.

2. Meningkatkan nilai jual

Branding bukan hanya sekedar nama, melainkan juga menentukan citra produk, target market, hingga cara pelayanan. Konsumen tidak hanya membeli produk, tetapi juga membeli pengalaman dan persepsi dari brand tersebut.

PenulisTesa Dabur
95.9 fm
97.8 fm