4 Cara Tetap Profesional Saat Menghadapi Orang yang Memancing Emosi

21 Juli 2025 15:21 WIB
Ilustrasi menghadapi konflik dengan rekan kerja.
Ilustrasi menghadapi konflik dengan rekan kerja. ( freepik.com )

Radiosmartfm.com - Menghadapi rekan kerja, atasan, atau klien yang sulit memang menjadi tantangan tersendiri dalam dunia karier. Konflik bisa menguras energi, menurunkan fokus, bahkan memengaruhi performa secara keseluruhan.

Akan tetapi, Jimmy ‘Jimbo’ Hariyanto, Licensed Instructor of NLP Indonesia, dalam wawancara Smart FM pada program Smart NLP (18/07/2025), membagikan beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menghadapi orang sulit dengan lebih bijak dan strategis.

“Orang-orang sulit dalam hal ini adalah seseorang, bisa atasan, klien, teman kerja, atau bahkan pasangan, yang setiap kali ketemu membuat tekanan darah naik dan kepala panas,” jelas Jimmy.

Berikut empat tips praktis menghadapi orang sulit agar tetap profesional, tenang, dan fokus dalam lingkungan kerja:

Baca Juga: 4 Cara Efektif Menerapkan Employee Branding Menurut Silih Agung Wasesa

1. Deteksi Pemicu

Semua perilaku manusia, sebenarnya berasal dari niat positif, walau seringkali caranya salah. Maka dari itu, yang harus dilakukan saat menghadapi orang yang membuat emosi memuncak adalah jangan buru-buru bereaksi, melainkan identifikasi terlebih dahulu hal yang memicu emosi pribadi dan lawan bicara.

“Ketika kita menghadapi orang-orang tertentu dan konflik muncul, itu pasti ada pemicunya,” tutur Jimmy.

2. Alihkan Fokus Dari Emosi ke Maksud

Saat seseorang terlihat menyerang atau meledak emosinya, cobalah mengalihkan dari rasa tersinggung ke rasa ingin tahu. Sebisa mungkin agar tidak langsung membalas emosi dengan emosi.

PenulisTesa Dabur
95.9 fm
97.8 fm