Jakarta, Radiosmartfm.com – Kementerian Perdagangan melaksanakan kegiatan jejaring bisnis (business networking) dan memamerkan produk-produk unggulan Indonesia dari berbagai sektor.
Menteri Perdagangan Budi Santoso menyatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya
pemerintah untuk menciptakan ruang temu antara pengusaha Indonesia dan perwakilan resmi negara asing di Indonesia.
“Jejaring adalah kunci untuk memperkuat posisi bisnis. Diharapkan kegiatan ini menjadi wadah produktif untuk membangun sinergi konkret antar pelaku usaha dengan perwakilan luar negeri di sini,” ungkap Mendag dalam keterangan tertulis, Kamis (17/4).
Jejaring bisnis kali ini menghadirkan empat perusahaan nasional yaitu PT Lumbung Bumi Madani produsen dekorasi rumah dan furnitur, PT Dami Sariwarna produsen minuman herbal, Asia Pasific Rayon produsen serat viskose, dan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk produsen makanan dan minuman olahan.
Sedangkan dari sisi perwakilan Kedutaan Asing dan badan promosi perdagangan, hadir Vice President Director Japan External Trade Organization Seiko Kazumi dan Minister Counsellor Kedutaan Nigeria Safwan Awwal Ibrahim.
Pada kegiatan ini, hadir pula delegasi importir Kamerun yaitu Ntop Ondafe Olivier dari NTOP Group; Essomba Njankouo Claudine Manuela dari Sarl La Cuisine de Nounou Sarl; Ngoumou Gilbert dari Chamber of Agriculture, Fisheries, Livestock, & Forestry of Cameroon; Megang Nguelayi Caroline dari Mind Thrust Consulting; dan Head of the Production Department at the Practical School of Agriculture of Binguela Nkodo Etienne Yann Yves.
Keempat perusahaan nasional memaparkan keunggulan produk dan pencapaian masing-masing. PT Lumbung Bumi Madani telah berhasil membina kemitraan dengan perajin terampil di Jawa Tengah sebagai dukungan untuk masyarakat lokal dan pemberdayaan Perempuan secara ekonomi.
Sementara PT Dami Sariwarna telah mampu mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Nigeria, Somalia, Kenya, Ethiopia, Rusia, dan lainnya. Asia Pasific Rayon mengusung produk berkonsep kain berkelanjutan yang terbuat dari selulosa kayu yang dapat diperbarui. Sedangkan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk telah melakukan ekspor ke lebih dari 30 negara termasuk kawasan ASEAN dan Tiongkok.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Fajarini Puntodewi menyampaikan, sebagai bentuk komitmen berkelanjutan, Business Networking akan menjadi agenda bulanan yang menampilkan potensi produk PTE. Kegiatan ini juga akan menjadi sarana dalam membuka ruang diplomasi ekonomi dengan mengundang Kedutaan Asing.
“Saat ini kami konsisten menyatukan peluang dengan membuka jaringan bisnis. Melalui kegiatan ini, perusahaan Indonesia dapat menarik minat dan memperoleh permintaan produk dari negara-negara yang diwakili oleh para tamu undangan,” ungkap Puntodewi.