Hyundai Manado Optimis Capai Market Share 10 Persen Dengan Strategi Work Of Mouth

9 Mei 2025 18:57 WIB
Andi Isyana Ayu Branch Manager Hyundai Manado dan Tim Gelar Anniversary 3 Hyundai Manado
Andi Isyana Ayu Branch Manager Hyundai Manado dan Tim Gelar Anniversary 3 Hyundai Manado ( )

Manado, SmartFM – Hyundai Manado menggelar acara ulang tahun yang ketiga dihadiri oleh konsumen-konsumen potensial, mitra kerja perusahaan pembiayaan, dan media di sertai dengan pemotongan tumpeng yang bertempat di jalan Jenderal Sudirman, kota Manado-Sulawesi Utara.

Andi Isyana Ayu Branch Manager Hyundai Manado dalam sambutannya menyampaikan bahwa arti dari pemotongan tumpeng ini adalah bukti syukur dan mengapa disusun tiga karena tiga tahun, Ia mencontohkan kalau ulang tahun yang ke 10 yang membuat tumpeng pusing menyusunnya,”canda Isyana sambil tertawa.

Isyana pada saat diwawancarai Radio SmartFM Manado mengatakan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengapresiasi untuk semua rekan-rekan after sales dan layanan sales yang bisa bertahan sampai hari ini karena pasar otomotif itu lebih menantang apapun dihadapi tentunya memberikan layanan after sales dan sales bagi konsumen yang ingin mengganti kendaraan atau yang mau menambah kendaraan,”tutur Isyana.

Selanjutnya Isyana menjelaskan arti dari umur tiga tahun ini merupakan umur yang masih sangat kecil untuk sebuah dealer, banyak pencapaian yang masih kita kejar, kemudian sampai hari ini kita masih dalam proses belajar. Hyundai ini merupakan brand besar bahkan Hyundai urutan keempat atau kelima terlaris di dunia.”jelas Isyana.

Isyana menekankan secara pribadi optimis dimana kami berhak untuk makan, kami masih punya market di Indonesia kemudian kami didukung juga oleh kebijakan pemerintah terkait dengan energi terbarukan, jadi kami masih banyak kesempatan untuk bisa bertumbuh,”tegas Isyana.

Isyana menambahkan bahwa market share atau pangsa pasar Hyundai di kota Manado itu berada di kisaran 3-4 % masih sangat kecil tapi dibanding dengan segmen kalau kita kupas 3% itu ke segmen yang lebih spesifik kita sudah lumayan mumpunilah menguasai pasar untuk mobil listrik siapa yang tidak tahu Ioiniq, menjadi image pertama mobil listrik yang nyaman, rangenya tinggi.”tambanya.

Kemudian Ia menuturkan mengenai merk Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta juga lumayan berkontribusi di segmennya yakni MPVB dan SUVB.

Lebih lanjut Isyana menjelaskan bahwa strategi penjualan Hyundai Manado bermain di kelas middle up atau kelas menengah keatas, jadi Ia perbanyak display kendaraan ditempat dimana konsumen potensial itu berkunjung misalkan makan atau hangout, lalu yang kedua bekerjasama dengan beberapa leasing yang punya premiere bank seperti kepala-kepala daerah, lalu strategi lainnya dengan “work of mouth” atau memanfaatkan rekomendasi dan diskusi antara individu karena itu yang paling layak bagi konsumen menjadi referensi.

Ia membeberkan saat ini arah pasar sekarang konsumen-konsumen itu sudah jarang datang ke dealer atau pameran namun mereka melihat di youtube dan melihat komen-komennya seperti apa, itu yang kita jaga yakni “retention customer dan imagenya sendiri” yaitu kemampuan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar terus melakukan pembelian,”beber Isyana.

Isyana berharap Hyundai Manado target pangsa pasarnya bisa menjadi 10% dan banyak konsumen yang inden berarti seseorang memesan mobil baru, tetapi mobil tersebut belum tersedia di dealer dan harus menunggu beberapa waktu untuk diproduksi atau dikirim itu menandakan Hyundai Manado boleh berkontribusi lebih di Sulawesi Utara.”pungkas Isyana.

95.9 fm
97.8 fm