3 Tugas KOL Specialist: Profesi di Balik Kesuksesan Kampanye Digital

4 Juli 2025 17:19 WIB
Ilustrasi key opinion leader specialist.
Ilustrasi key opinion leader specialist. ( freepik.com )

Radiosmartfm.com - Profesi KOL Specialist (Key Opinion Leader Specialist) muncul seiring dengan perkembangan era digital dan besarnya pengaruh influencer sebagai media promosi.

Kondisi ini bermula dari kesadaran brand terhadap potensi influencer dalam mempromosikan produk. 

Menurut Nikita Rosalini, Owner Hainick Kreatif Indonesia, peran influencer mampu mempengaruhi seseorang dan, jika dikembangkan dengan tepat, bisa menjadi jembatan antara brand dan audiens.

“Sekarang ini semua individu yang punya social media bisa disebut sebagai media promosi.Impact-nya, kita bisa membeli produk dari seseorang yang share sesuatu. Jadi sangat berimpact banget dan dari situlah perputaran uang mulai muncul hanya dari seseorang yang mem-posting,” jelas Nikita dalam wawancara bersama Smart FM dalam program Podcast Smart Career

KOL specialist sendiri secara garis besar bertugas dan bertanggung jawab sebagai pihak yang menghubungkan brand dengan KOL (Key Opinion Leader) atau influencer.

Baca Juga: 3 Tanda Mengabaikan Self Love Demi Karier yang Harus Anda Ketahui

Kolaborasi antara KOL specialist dan KOL (influencer) bertujuan untuk menghasilkan capaian yang sesuai dengan tujuan brand seperti meningkatkan engagement, mendorong penjualan produk, dan membangun citra positif.

Oleh karena itu, peran KOL specialist mencakup proses mencari dan menyeleksi KOL atau influencer yang citranya sesuai dengan target pasar sebuah brand.

Posisi KOL specialist yang berada di tengah, di antara brand dan influencer, menuntut profesionalisme dan integritas yang tinggi.

“Fenomenanya sekarang, KOL Specialist hampir sama dengan kreator. Semua orang bisa menjadi KOL specialist, tapi tidak semua orang punya profesionalisme yang oke. Banyak juga KOL specialist yang bawa kabur duit,” ucap Nikita

PenulisTesa Dabur
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz fm
101.2 fm
101.8 fm